NEWS UPDATE

Laporan Warga, KomnasHam RI Turun Tinjau Dugaan Pelanggaran Ham Di PT Chevron Minas

Tim JRC 21 November 2015 | 09:37:11 | Dibaca : 525 Kali Siak
Keterangan Gambar : Laporan Warga, KomnasHam RI Turun Tinjau Dugaan Pelanggaran Ham Di PT Chevron Minas

Siak, jelajahriau.com Atas laporan warga Simpang Perawang, Kec Minas Kab Siak. Tim Komisi Nasional Hak Asasi Manusia (Komnas HAM) RI yang berjumlah empat orang turun meninjau dugaan pelanggaran HAM yang di lakukan perusahan minyak raksasa PT Chevron.
Siak, jelajahriau.com Atas laporan warga Simpang Perawang, Kec Minas. Tim Komisi Nasional Hak Asasi Manusia (Komnas HAM) RI yang berjumlah empat orang turun meninjau dugaan pelanggaran HAM yang di lakukan perusahan minyak raksasa PT Chevron.


Dalam laporannya, warga menerangkan Sumur minyak milik PT Chevron yang berada diareal sumur 8D 32,8D 33 dan 8D 42 yang di bor pada tahun 2006 membuat warga sekitar sumur itu menderita, pasalnya, air dan minyak mentah bekas pemboran sumur minyak itu mengalir ke kolam warga dan mengakibatkan 4 buah kolam warga tercemar dan tertimbun dengan tanah yang terbawa oleh air bekas buang tersebut.

tidak hanya itu, menurut laporan warga, Ratusan batang sawit mereka yang berada di sekitaran pemboran minyak PT Chevron itu pun ikut mati.

Peristiwa itu sudah 9 tahun yang lalu, dan selama 9 tahun warga simpang perawang menuntut keadilan hingga saat ini, namun pihak perusahan PT Chevron tidak pernah menghiraukannya.

sudah 9 Tahun kami cari keadilan, namun hingga kini PT Chevron tidak perduli mentang mentang mereka perusahan besar, kami rakyat kecil ini di injak injak saja. Jelas Azwar pihak keluarga korban kepada jelajahriau.com di simpang perawang.

Atas laporan warga itu lah, Tim Komnas Ham RI berjumlah 4 orang yang di ketui oleh Komisioner bagian komunikasi dan Mediasi Dr. Ansori Sinungan ,SH. LL.M turun lansung meninjau keberanaran laporan tersebut.

Kehadiran Komnas Ham RI di simpang Perawang pada Rabu( 18/11/15) di dampingi oleh warga pelapor, Azwar, Ali, Toni dan Camat Minas serta pihak perusahan PT Chevron.

Ketua Tim Komnas Ham RI Dr. Ansori Sinungan ,SH. LL.M sempat mempertanyakan kepada Azwar sebagai perwakilan keluarga, kenapa jalan masuk kelokasi sumur minyak PT Chevron di 8D 32,8D 33 dan 8D 42 ini di tutup, Azwar menjelaskan, jalan masuk ke sumur minyak PT Chevron ini milik kami pak Komnas Ham, belum ada ganti ruginya. Mendengar penjelas warga Komnas Ham hanya tersenyum, dan Pihak perusahan PT Chevron yang hadir di lokasi itu tertunduk malu.

Pihak Perusahan PT Chevron enggan memberikan komentar terkait kedatangan Komnas HAM RI ke perusahannya.(tim jrc)

Berita Terkait