NEWS UPDATE

Puluhan Warga Mengikuti Lomba Manongkah di Meranti

Tim JRC 25 November 2015 | 12:53:38 | Dibaca : 403 Kali Meranti
Keterangan Gambar : Puluhan Orang Ikuti Lomba Manongkah

Puluhan warga Kecamatan Tasikputir Puyu, Kabupaten Kepulauan Meranti, Riau, Selasa (24/11) mengikuti lomba manongkah atau berselancar di pantai berlumpur Desa Tanjung Pisang. Pemkab Meranti berharap lomba manongkah ini bisa jadi daya tarik wisata Kepulauan Meranti.
Selatpanjang, Jelajahriau-- Puluhan warga Kecamatan Tasikputir Puyu, Kabupaten Kepulauan Meranti, Riau, Selasa (24/11) mengikuti lomba manongkah atau berselancar di pantai berlumpur Desa Tanjung Pisang. Pemkab Meranti berharap lomba manongkah ini bisa jadi daya tarik wisata Kepulauan Meranti.

Manongkah atau selancar di pantai berlumpur memakai papan. Papan dibuat seperti papan selancar, namun pemainnya tidak berdiri melainkan dalam posisi siap seperti dalam lomba lari.

Satu kaki ditekuk dan di letakkan atas papan tongkah, sedangkan satu kaki lainnya digunakan untuk menunjang ke pantai agar papan selancar bergerak laju.

Oleh masyarakat setempat, menongkah digunakan saat bekerja mencari kerang. Aktivitas ini sudah sejak lama dilakoni oleh masyarakat pesisir dalam mencari nafkah.

Sementara itu, Pemda Meranti menjadikan menongkah ini sebagai festival tahunan untuk bisa menarik wisatawan ke Kepulauan Meranti.

Staf Ahli Kemasyarakatan dan SDM Pemkab Kepulauan Meranti, Drs Teddy Mar. Teddy dalam sambutannya mengatakan festival mendongkah ini merupakan upaya nyata untuk mendedahkan serta menempatkan budaya tradisi tempatan sebagai ikon daerah.

"Kita harap iven ini mampu menjadi salah satu iven unggulan sekaligus pintu gerbang kepariwisataan di wilayah timur Provinsi Riau," harapnya.

Ditempat sama, Kadisparpora Kepulauan Meranti, Drs Ishak Izrai, mengaku kalau festival mendongkah tahun ini ada peningkatan dari tahun-tahun sebelumnya. Kendati demikian, dia berharap kedepannya iven ini lebih meriah lagi. Salah satunya, peserta mendongkah agar lebih diperbanyak.

"Partisipasi masyarakat sangat penting dalam mensukseskan setiap kegiatan yang dilaksanakan. Karena kekompakan lah yang menentukan sukses atau tidaknya suatu kegiatan," katanya. (Tim/Jrc)

Berita Terkait