NEWS UPDATE

Berkunjung ke Pesisir Selatan, Jagan Lupa Mampir di Air Terjun Bayang Sani

Tim JRC 29 April 2016 | 15:13:25 | Dibaca : 402 Kali Wisata
Keterangan Gambar : Berbeda dengan air terjun tingkat pertama, di tingkat kedua ini masih sepi dari pengunjung

Kabupaten Pesisir Selatan di Sumatera Barat tidak hanya memiliki potensi wisata pantai dan bahari saja tetapi juga memiliki potensi wisata lainnya berupa air terjun dan yang menjadi ikonnya adalah Air Terjun Bayang Sani yang berada di Kampung Kota Baru, Kecamatan Bayang.
Painan, Jelajahriau--Kabupaten Pesisir Selatan di Sumatera Barat tidak hanya memiliki potensi wisata pantai dan bahari saja tetapi juga memiliki potensi wisata lainnya berupa air terjun dan yang menjadi ikonnya adalah Air Terjun Bayang Sani yang berada di Kampung Kota Baru, Kecamatan Bayang.

Untuk mencapai ke lokasi kita harus menempuh perjalanan sejauh 60 Km dari Kota Padang atau jika mulai dari Kota Painan sekitar 20 Km. Dari Jalan Raya Padang Painan ketika sampai di Simpang Ganting kita arahkan kendaraan ke kiri melewati Jalan raya Ganting hingga Jalan Pasar Baru. Atau untuk mempermudah, Jalan menuju air terjun ini searah jika kita hendak menuju obyek wisata jembatan akar. Air terjun ini terletak 3 km sebelum Jembatan Akar.

Tiket masuk ke lokasi air terjun hanya Rp 5.000 saja. Dari lokasi pembelian tiket masuk ini, air terjun telah nampak terlihat. Dari tempat parkir, saya langkahkan kaki menuju air terjun tingkat pertama yang merupakan tempat favorit bagi para wisatawan yang berkunjung ke Air Terjun Bayang Sani. Air terjun tingkat pertama ini ketinggiannya sekitar 80 meter, terdiri dari air terjun yang bercabang tiga yang mengalir meliuk liuk di atas bebatuan cadas. Dengan lebar dan tingginya yang lebih dari 50 meter, dapat dikatakan Air Terjun Bayang Sani adalah air terjun terbesar yang berada di wilayah Kabupaten Pesisir Selatan.


Tepat di bawah air terjun ini terdapat lubuk yang dimanfaatkan para wisatawan untuk bermain air. Di sekitar lubuk tersebut banyak tersedia warung, penyediaan sewa ban yang sangat disarankan bagi pengunjung yang tidak bisa berenang.

Puas menikmati suasana air terjun di tingkat pertama ini saya beralih ke tingkat selanjutnya yaitu tingkat kedua, menurut bapak penjaga parkir motor katanya Air Terjun Bayang Sani ini memiliki 5 tingkat namun yang bisa dikunjungi hanya sampai tingkat kedua saja. Untuk mencapai ke air terjun tingkat kedua saya harus mendaki bukit yang terletak di samping air terjun tingkat pertama, lalu berjalan sejauh kurang lebih 500 meter.

Air Terjun Bayang Sani tingkat kedua sangat berbeda dengan tingkat pertama, disini masih jarang orang yang berkunjung, pada saat saya sampai di tingkat kedua, hanya ada 4 orang saja yang sedang berkunjung. Hal ini dikarenakan letaknya yang agak jauh dengan jalan setapak dan harus sedikit mendaki. Perbedaan lainnya adalah dari bentuk air terjunnya, jika ditingkat pertama bentuknya melebar dan terbagi menjadi 3 cabang, di tingkat kedua ini hanya ada satu air terjun yang bediri tegak setinggi 25 meter. Di bawah air terjun tingkat kedua terdapat lubuk yang airnya berwarna kehijauan pertanda dalam.

Suasana di sekitar air terjun tingkat kedua ini agak lembab, karena hampir seluruh lokasi air terjun tertutup oleh dedaunan tumbuhan hutan yang rimbun. Air Terjun Bayang Sani berhulu dari rimba perbukitan Lumpo yang masuk kawasan Taman Nasional Kerinci Seblat sehingga airnya terasa sangat sejuk sehingga membuat wisatawan betah untuk berlama lama mandi disini.

Jadi jika berkunjung ke Kabupaten Pesisir Selatan, sempatkan singgah di Air Terjun Bayang Sani ya. (Tim/Jrc)

Berita Terkait