NEWS UPDATE

Ini Pengakuan Saksi Mata Detik Detik Tanah Longsor Di Lintas Barat Kec Pangkalan Sumbar

Tim JRC 04 Maret 2017 | 16:51:35 | Dibaca : 454 Kali Nasional
Keterangan Gambar : Mobil Tertimbun Longsor Di Desa Koto Alam Kec Pangkalan, Kab 50 Kota, Sumbar

Nasional, jelajahriau.com Tanah longsor yang menimbun mobil dan penumpangnya di Lintas Barat Desa Koto Alam Kec Pangkalan, Kab Lima Kota Provinsi Sumbar. Pada hari jumat(3/3/2017) kemarin, sempat di saksikan oleh salah satu sopir truk Cold Diesel bermuatan kelapa asal Kab Pariaman.

Nasional, jelajahriau.com – Tanah longsor yang menimbun mobil dan penumpangnya di Lintas Barat Desa Koto Alam Kec Pangkalan, Kab Lima Kota Provinsi Sumbar. Pada hari jumat(3/3/2017) kemarin, sempat di saksikan oleh salah satu sopir truk Cold Diesel bermuatan kelapa asal Kab Pariaman.


Saksi mata mengendarai(supir-red) Mobil Cold Diesel Canter 125 PS BA 8075 RG muatan kelapa dari Pariaman menuju Pekanbaru Provinsi Riau, menceritakan kronologis awal kejadian tanah longsor yang menimbun 5 unit mobil di jalan Lintas Barat, tepatnya, di Desa Koto Alam Kec Pangkalan, Kab Lima Puluh(50) Kota, Sumbar. kepada jelajahriau.com sabtu(4/3/2017) melalui telpon genggamnya.


“awal mula kejadian tanah longsor jumat( 3/3/2017) jam 8.30 wib pagi, saat itu cuaca tengah hujan deras dan jarak pandang saya mengendarai mobil pun terbatas. sewaktu peristiwa naas itu jarak saya dengan mobil di depan saya yang tertimbun tanah longsor hanya berkisar 50 Meter,” terang Doni Asmara(37), Asal Desa Pauh Kamba Kec Nan Sabaris Kab Pariaman.    


“ sebelum kejadian longsor, saya sempat melihat dari lereng bukit berjatuhan batu batu kecil seperti batu Krikil, dan mobil di depan saya sudah berhenti terlebih dahulu, tidak lama berselang tiba tiba tanah di lereng bukit ambruk dan suaranya menggelegar bak gemuruh,” Bebernya.



Foto Mobil Box Terjebak Tanah Longsor


Sambungnya,“ Saya lihat mobil di depan saya ada yang tertimbun tanah longsor tersebut. Diantaranya, Dua Mobil Cold Diesel muatan kelapa, dua mobil L 300 juga muatan kelapa dan satu unit mobil Avanza berpenumpang sekitaran tiga orang, dan  1 unit mobil L 300 di bawa longsor ke dalam jurang.”


“ saya lihat penumpang truk cold diesel satu orang selamat, yang lainnya tertimbun longsor,” di jelaskan Doni.


Lanjutnya menceritakan peristiwa naas itu,“ melihat tanah longsor  itu telah menimbun mobil di depan saya, kuatir saya menjadi korban selanjutnya, saya pun bergegas memutar mobil kembali mengarah ke Payah Kumbuh (Bukit Tinggi-red) mencari tempat yang aman.” Tutur Doni alias Don.


Hingga saat ini Jalan Lintas Barat belum dapat di lalui di karenakan masih tertimbun longsor, dan untuk melanjutkan perjalan ke Pekanbaru, Doni Supir Cold Diesel BM 8075 RG terpaksa memutar arah atau melawati jalur alternatif jalan Taluk Kuantan dan Kiliran Jao.(tim jrc)  

Berita Terkait