NEWS UPDATE

Harga Cabai Rawit Turun, Bawang Putih Meroket

Tim JRC 28 April 2017 | 20:36:50 | Dibaca : 156 Kali Ekonomi
Keterangan Gambar : Harga Bawang Putih Naik

Ketua Ikatan Pedagang Pasar Indonesia (IKAPPI) Abdullah Mansuri mengatakan saat ini tren harga bawang putih berada di kisaran Rp53-54 ribu per kg. Menurutnya, kenaikan bawang putih mengalami fenomena ketidakwajaran.

Jakarta, Jelajahriau--Usai gejolak harga cabai rawit merah berangsur mereda, kini harga bawang putih menjadi sorotan. Lantaran, kini harganya melonjak hingga Rp65 ribu per kilogram.


Ketua Ikatan Pedagang Pasar Indonesia (IKAPPI) Abdullah Mansuri mengatakan saat ini tren harga bawang putih berada di kisaran Rp53-54 ribu per kg. Menurutnya, kenaikan bawang putih mengalami fenomena ketidakwajaran.


"Bawang putih ini jadi fenomena karena seminggu ini kenaikannya hampir enggak wajar, per hari bisa Rp1.000 sampai Rp2.500 per kg," ujar Abdullah kepada media pada Jumat, 28 April 2017.


Kenaikan seminggu ini, ia nilai menjadi indikasi adanya para pemain harga di tingkat pengepul. Sementara, harga dari pengepul ia katakan sudah tinggi, yaitu di kisaran Rp48 ribu sampai Rp50 ribu per kg. "Ini memang jadi kendala tersendiri bagi pedagang. Semakin tinggi harga, makin susah penjualannya," ucapnya.


Di sisi lain, ia melanjutkan, bawang putih masih didominasi produk impor, yang berasal dari China, Thailand, Laos, dan, Vietnam.


Kemudian, berdasarkan pantauan VIVA.co.id di Pasar Mampang, Jakarta Selatan, harga bawang putih mengalami perubahan sekitar seminggu, dari sekitar Rp40 ribu per kg, melonjak menjadi sekitar Rp65 ribu per kg.


"Bawang putih naik banget, yang jenis cutting (potongan) naik terus per kg, dari Rp40 ribu, Rp45 ribu, Rp50 ribu, sekarang Rp65 ribu," ujar salah satu pedagang Pasar Mampang, Sri (47) kepada VIVA.co.id.
Sedangkan, bawang merah mengalami penurunan. Awalnya kisaran Rp40-34 ribu per kg, ada yang turun sampai menyentuh Rp26 ribu per kg.


Kemudian untuk komoditas bahan pangan lain masih cukup stabil. Seperti, cabai, khususnya rawit merah yang sempat meroket tajam di Februari lalu, saat ini menurun. Disebutkan oleh Suprana (23), harganya turun dari awalnya berada di kisaran Rp100 ribu per kg, saat ini menjadi Rp70 ribu per kg. Harga yang sama disebutkan oleh Sri.


Rawit hijau juga mengalami penurunan sekitar Rp15-20 ribu per kg. Ada harga yang mencapai level Rp80 ribu per kg, turun menjadi Rp60 ribu per kg. Ada juga yang dari Rp40-50 ribu per kg, menjadi Rp35 ribu per kg.


Lalu harga cabai merah besar, mengalami variasi harga dari Rp35 ribu sampai Rp50 ribu per kg. Cabai hijau besar variasi harganya sekitar Rp16 ribu sampai Rp30 ribu per kg. Cabai merah keriting variasinya dari Rp25-30 ribu per kg. Ketiga jenis ini mengalami variasi sudah selama seminggu ini.


Suprana mengatakan ada kemungkinan untuk keseluruhan komoditas ini dapat naik lagi sekitar seminggu kemudian, terutama menjelang puasa. Kendati demikian, Suprana dan Sri mengungkapkan pasokan di pasar induk relatif aman.


"Enggak ada masalah pasokan dari Pasar Induk Kramat Jati cuma mahal. Tiap hari saya ambil dari Pasar Induk Kramat Jati," ucap Sri. (Tim/Jrc)

Berita Terkait