NEWS UPDATE

Pastikan Ketersediaan Daging Aman, Satgas Pangan Polresta Pekanbaru Tinjau RPH

Tim JRC 18 Juni 2017 | 03:35:55 | Dibaca : 133 Kali Pekanbaru
Keterangan Gambar : Wakapolresta Pekanbaru didampingi oleh Kepala Dinas Peternakan Propinsi Riau drh. PATRIANOV, kepala dinas Pertanian dan Perikanan Kota Pekanbaru Ir Hj El Syabrina, Tinjau Rumah Potong Hewan Di Jln Cipta Karya Ujung Kec Tampan.

PEKANBARU, jelajahriau.com -- Sabtu (17/6/2017) siang Satuan tugas Pangan Polresta Pekanbaru kembali melakukan pengecekan terhadap ketersediaan daging segar yang diperjualbelikan di kota Pekanbaru, dimana di hari sebelumnya telah melakukan pengecekan terhadap penjual makanan ringan di pasar wisata Pasar Bawah Pekanbaru.

PEKANBARU, jelajahriau.com -- Sabtu (17/6/2017) siang Satuan tugas Pangan Polresta Pekanbaru kembali melakukan pengecekan terhadap ketersediaan daging segar yang diperjualbelikan di kota Pekanbaru, dimana di hari sebelumnya telah melakukan pengecekan terhadap penjual makanan ringan di pasar wisata Pasar Bawah Pekanbaru.


Pengecekan kali ini memilih tempat Rumah Potong Hewan Pekanbaru yang terletak di Jl. Cipta Karya ujung Kec. Tampan - Pekanbaru.


Saat melaksanakan pengecekan ini, Wakapolresta Pekanbaru didampingi oleh Kepala Dinas Peternakan Propinsi Riau drh. PATRIANOV, kepala dinas Pertanian dan Perikanan Kota Pekanbaru  Ir  Hj El Syabrina,  MP,  kepala UPT Rumah Potong Hewan kota Pekanbaru  Hj MARYAM,  Kasat Sabhara Polresta Pekanbaru Kompol LILIK SURIANTO,  S.ST.,  S.H dan Kasat Binmas Polresta Pekanbaru AKP SUNARTI.


Saat tiba di UPT Rumah Potong Hewan (RPH), rombongan langsung mengecek ternak sapi dan kerbau milik pedagang yang ada di kandang RPH sebelum dipotong.  Tampak ada puluhan ekor sapi dan kerbau yang ada di kandang sementara tersebut.


Setelah itu rombongan beralih ke tempat sapi atau kerbau tersebut dipotong, dimana didalamnya ada beberapa meja batu tempat sapi atau kerbau tersebut dipotong.


" Daging sapi atau kerbau yang dipotong disini akan dijual ke pedagang daging yang ada di pasar tradisional yang ada di kota Pekanbaru seharga Rp 110.000,- sampai dengan Rp 115.000,- per kilogram nya" terang Kadis Peternakan Prop.  Riau.


Selanjutnya ibu Hj MARYAM selaku Kepala UPT RPH kota Pekanbaru menerangkan bahwa sapi atau kerbau yang ada disini adalah milik pedagang dan kita hanya menyediakan tempat pemotongan nya saja dengan retribusi sebesar Rp 50.000,- Per ekornya.


Sementara itu Kadis Pertanian dan Perikanan kota Pekanbaru ibu Ir Hj El Syabrina MP mengatakan Bahwa daging sapi yang dipotong disini telah dijamin kualitas nya dan juga higienis,  sehingga bagus untuk di konsumsi oleh masyarakat kota Pekanbaru.


Dari pantauan dilapangan diketahui bahwa kegiatan pemotongan hewan sapi atau kerbau ini berlangsung dari jam 01.00 Wib sampai dengan 04.30 Wib dengan jumlah sapi yang dipotong antara 25 hingga 30 ekor perharinya.


" Kegiatan pengecekan ke Rumah Potong Hewan kota Pekanbaru ini sengaja kita lakukan guna memastikan ketersediaan daging segar dikota Pekanbaru dan juga untuk memastikan bahwa daging segar yang berasal dari RPH ini memang higienis dan halal, sebab tukang potong nya selalu membaca doa sebelum menyembelih sapi atau kerbau tersebut". Terang Wakapolresta Pekanbaru.


Kegiatan pengecekan ini berjalan lancar selama lebih kurang satu jam.(apr)

Berita Terkait