NEWS UPDATE

Umat Buddha di Inhu Ikut Galang Dana untuk Rohingya

Tim JRC 17 September 2017 | 18:58:04 | Dibaca : 85 Kali Inhu
Keterangan Gambar : Aksi Solidaritas

Ratusan relawan di Kabupaten Indragiri Hulu, terus melakukan penggalangan dana untuk membantu pengungsi etnis Rohingya yang diserang dan diusir oleh pasukan keamanan pemerintah Myanmar.

Rengat, Jelajahriau-- Ratusan relawan di Kabupaten Indragiri Hulu, terus melakukan penggalangan dana untuk membantu pengungsi etnis Rohingya yang diserang dan diusir oleh pasukan keamanan pemerintah Myanmar.

Penggalangan dana yang pelopori Fron Pembela Islam (FPI) Kabupaten Inhu, ini dilaksanakan di perempatan simpang empat pasar Belilas Kecamatan Seberida, Ahad (17/9/2017).

Aksi yang dilakukan ratusan mahasiswa dan beberapa Ormas ini juga diikuti umat Buddha setempat.

Liu Licen alias Elen Veronica (17), seorang umat Buddha mengaku akan terus ikut menggalang dana bersama Relawan Inhu untuk membantu warga pengungsi Rohingya.

"Kami mengecam tindakan pemerintah dan militer Myanmar terhadap umat muslim Rohingya, ini sangat bertentangan dengan ajaran Buddha," sebut Liu.

Pada kesempatan itu, Liu Licen juga menyerukan kepada warga Tionghua khususnya umat Buddha agar tidak takut bergabung bersama ormas umat muslim seperti FPI, karena menurutnya FPI sangat terbuka menerima umat agama lainnya bergabung dalam misi kemanusiaan.

"Kami berterimaksih kepada FPI yang telah menerima kami dengan baik ikut berpartisipasi dalam aksi sosial membantu pengungsi Rohingya ini," ujarnya.

Aksi penggalangan dana untuk pengungsi Rohingya dari warga Kabupaten Indragiri Hulu, sudah berjalan sejak sepekan kemarin dibeberapa Kecamatan.

Sebelumnya aksi  Gerakan Masyarakat Peduli Rohingya (GEMPUR) bersama FPI dan mahasiswa di kota Rengat, berhasil mengumpulkan dana mencapai Rp 100 juta lebih, kemudian aksi tersebut dilanjutkan gabungan Ormas dan OKP bersama FPI yang tergabung dalam Relawan Inhu dan telah  menggalang dana mencapai puluhan juta rupiah.

"Hari ini aksi terakhir setelah Relawan Inhu menggalang dana di beberapa titik Kecamatan, seluruh sumbangan warga akan kami sampaikan melalui Hilal Merah FPI pusat untuk disalurkan kepada pengungsi Rohingya," ujar Koordinator Pusat Relawan Inhu, Supri Handayani Ando."(Jumadi)

Berita Terkait