NEWS UPDATE

310 Ha Lahan Kelompok Tani Tuah Negeri Terbakar, Lahan Di Kuasai Pejabat Pelalawan

Tim JRC 28 November 2019 | 10:38:40 | Dibaca : 218 Kali Nasional
Keterangan Gambar : Bupati Pelalawan HM Harris Tengah Mengupayakan Pemadaman Karhutla

Pelalawan, jelajahriau.com – hampir 325 Hektar(Ha) Lahan Perkebunan sawit Kelompok Tani Tuah Negeri yang berada di kel Kerinci Barat, Kec Pangkalan Kerinci, Kab Pelalawan, Riau. Di kuasai oleh para pejabat Pemerintah Kab Pelalawan. Kamis(28/11/19).

Pelalawan, jelajahriau.com – hampir 325 Hektar(Ha) Lahan Perkebunan sawit Kelompok Tani Tuah Negeri yang berada di kel Kerinci Barat, Kec Pangkalan Kerinci, Kab Pelalawan, Riau. Di kuasai oleh para pejabat Pemerintah Kab Pelalawan. Kamis(28/11/19).


Menurut keterangan Anggota DPRD Pelalawan dari Partai Golkar asal Kec Ukui, Sunardi. kepemilikan lahan perkebunan kelapa sawit di Kelompok Tani Tuah Negeri  mulai dari Bupati Pelalawan HM Harris, Mantan Wakil Bupati Pelalawan H Marwan Ibrahim, dan mantan Wakil Ketua Komisi DPRD Pelalawan Herman Maskar.


Dengan wajah sedih anggota DPRD Pelalawan menjelaskan kepada jelajahriau.com selasa(26/11/19) di gedung Bappeda, kalau lahan nya habis terbakar pada musim kemarau bulan september 2019 lalu.“Lahan saya disana sekitar 25 Ha, sekarang yang tersisa hanya 4 Ha, selebihnya sudah hangus terbakar.” Pungkas Sunardi Anggota DPRD Pelalawan Dari Partai Golkar.


Tidak hanya Sunardi, Bupati Pelalawan HM Harris juga memilik lahan di kelompok Tani Tuah Negeri tersebut,”Pak Bupati juga punya, miliknya(Bupati-red) sekitar 20 an Ha.”ujar Sunardi Anggota DPRD Pelalawan.


Di lanjutnya,” Disana juga ada milik H Marwan Ibrahim(mantan Wakil Bupati Pelalawan-red). sama pak Marwan lahan tersebut telah dipindah tangankan kepada Pak Parno Sp6, lahan itu kini juga sudah habis terbakar,”jelas Sunardi.


“lahan Pak Herman Maskar juga habis terbakar, dia punya sekitar 10 Ha, Mantan Anggota DPRD Pelalawan Herman Masyar.”pungkasnya.


Untuk mengantisipasi agar kedepannya lahan itu tidak terbakar lagi, Sunardi memasukan dua unit alat berat jenis Excapator untuk memuat kanal di jalur jalur tanaman sawit tersebut. Dalam waktu dekat Anggota DPRD Pelalawan Dapil IV itu akan menanam bibit sawit kembali.


“ dalam waktu dekat kita akan menanam bibit sawit kembali, sekarang kita baru menyelesaikan pembuatan kanal di setiap jalur tanaman sawit.”tutupnya.


Lahan Kelompok Tani Tuah Negeri telah di Segel oleh Tim Satgas Karhutla. Dan Kasus kebakaran hutan dan lahan(Karhutla) di lahan Kelompok Tani Tuah Negeri tersebut sudah di ketahui oleh Tim Mabes Polri. Kasusnya pun menjadi Atensi oleh Pimpinan Mabes Polri. (tim jrc)

Berita Terkait