NEWS UPDATE

Lomba Burung Berkicau di Yonif 132/BS

Tim JRC 29 September 2014 | 15:19:30 | Dibaca : 3383178 Kali Kampar
Keterangan Gambar : Lomba Burung Berkicau

Pameran dan Lomba Burung Berkicau "Bima Sakti Cup" berlangsung meriah, Minggu (28/9/2014). Peserta antusias memberi semangat kepada burungnya yang digantung di gantangan dalam arena Halaman Markas Batalyon Infanteri 132/Bima Sakti, Salo.
Kampar, JRC--Pameran dan Lomba Burung Berkicau "Bima Sakti Cup" berlangsung meriah, Minggu (28/9/2014). Peserta antusias memberi semangat kepada burungnya yang digantung di gantangan dalam arena Halaman Markas Batalyon Infanteri 132/Bima Sakti, Salo.

Ratusan ekor burung ikut dalam lomba tersebut. Pawang atau pemilik burung datang dari beberapa daerah. Misalnya, Riau, Sumatera Barat dan Jambi. Hampir seluruh kicau mania di tiap kabupaten se-Riau ikut lomba.

Sarang burung juga menjadi daya tarik tersendiri. Sarang dihiasi dengan ukiran beragam. Sementara juri menguras perhatiannya sambil berkeliling di sekitar bawah sarang.

Lomba berlangsung dengan 23 putaran dengan delapan kelas. Jenis burung yang diperlombakan di antaranya, Murai Batu Kacer, Cucak Hijau, Kenari, Love Bird, Kapas Tembak, Ciblek, Pleci dan Slindit. "Awalnya tujuh kelas. Tapi karena antusias peserta, minta supaya ditambah satu kelas lagi," ungkap Ketua Panitia Arie Andhika.

Arie memaparkan, Kelas Utama I untuk Burung Murai Batu memperebutkan hadiah Rp. 6.000.000 ditambah Tropi dan Piagam untuk Juara I. Juara II mendapat Rp. 2 juta dan Juara III Rp. 1 juta. "Total hadiah untuk semua kelas mencapai puluhan juta," katanya.

Menurut Arie, hadiah yang disediakan dalam event itu berkat partisipasi berbagai pihak. Disebutkan dia, seperti PTPN V, PT RAPP, Bank Rakyat Indonesia (BRI) Cabang Bangkinang, Dinas Kehutanan Kampar, Plaza Bangkinang, PT. Tasma Puja dan PT. Sewangi Sejati Luhur. Sedangkan doorprize disponsori oleh Bank Riau-Kepri Cabang Bangkinang.

"Tidak kalah besar perannya, kawan-kawan media partner yang mensukseskan kegiatan ini," kata Arie. Ia menyampaikan terima kasih kepada seluruh pihak yang telah berpartisipasi.

Kegiatan sehari yang terselenggara atas kerja sama antara Yonif 132/BS dengan Bangkinang Raja Berkicau Bird Club itu berlangsung lancar. Pasukan Yonif juga mengarahkan peserta dengan ramah agar tertib.

Event diawali dengan penggantungan gantangan oleh Wakil Komandan Yonif 132/BS Mayor Inf. Harmen mewakili Komandan Mayor Irwan Harjatmono sebagai tuan rumah. Komandan Distrik Militer 0313/KPR Letkol Inf. Asep Dedi Dharmadi bertindak sebagai pelindung dalam kegiatan itu.

Harmen mengapresiasi partisipasi peserta. Event itu, kata dia, dalam rangka menyambut Hari Ulang Tahun TNI ke-69 yang jatuh pada 5 Oktober nanti. "Burungnya bagus-bagus dan kicauannya nyaring semua," katanya.

Menurut Harmen, markas pasukan perang itu terkesan semakin damai karena dipenuhi kicauan burung. Kegiatan itu diharapkan bisa semakin mendekatkan TNI kepada masyarakat.(Apr/JRC)

Berita Terkait