NEWS UPDATE

Lomba Burung Berkicau Tingkat Sumatera di Rohul

Tim JRC 19 Oktober 2014 | 19:09:03 | Dibaca : 1531 Kali Rohul
Keterangan Gambar : Lomba Burung Berkicau di Rokan Hulu (Foto Riauterkini)

Sekitar 800 burung kicau ikuti lomba Burung Berkicau di Rokan Hulu (Rohul), Riau Minggu (19/10) . Ajang yang digelar Komunitas Kicau Mania Rokan Hulu (KKMR) itu dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) Rokan Hulu (Rohul) ke-15 memperebutkan Piala Bupati Rohul, Wakil Bupati Rohul dan Sekdakab Rohul.
Pasirpangaraian -- Sekitar 800 burung kicau ikuti lomba Burung Berkicau di Rokan Hulu (Rohul), Riau Minggu (19/10) . Ajang yang digelar Komunitas Kicau Mania Rokan Hulu (KKMR) itu dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) Rokan Hulu (Rohul) ke-15 memperebutkan Piala Bupati Rohul, Wakil Bupati Rohul dan Sekdakab Rohul.

Lomba Burung Berkicau tingkat Sumatera ini dilaksanakan di Lapangan Purna MTQ Riau Kota Pasirpangaraian.

Ketua Panitia Pelaksana Lomba, Armen Nasution mengatakan lomba itu diikuti 800 burung berkicau dari 12 Kabupaten/ Kota di Provinsi Riau, Sumatera Barat, Sumatera Utara, Aceh dan Provinsi Jambi.

Jenis lomba yang diperlombakan di antaranya kacer, murai batu, love bird, kapas tembak, kenari dan jenis burung kicau lain.

Menurut Armen, lomba ini dilaksanakan, karena semakin banyak pecinta burung kicau di Kabupaten Rohul. Diakuinya, potensi burung kicau Rohul cukup bagus.

"Kami berharap, dari kegiatan ini, pecinta burung dari Rohul bisa saling tukar pikiran dengan pecinta burung dari daerah lain," kata Armen.

Lomba dalam memperebutkan Bupati Rohul, Wakil Bupati Rohul dan Sekdakab Rohul masing-masing juara pertama Rp5 juta+tropy+piagam. Juara kedua Rp2 juta+tropy+piagam, juara ketiga Rp1 juta +tropy+piagam.

Sedangkan untuk juara harapan pertama Rp700 ribu+plus+piagam, juara harapan dua Rp400 ribu, juara harapan tiga Rp250 ribu+piagam, dan juara harapan empat Rp250 ribu+piagam.

Sementara itu, Sekretaris Persatuan Kicau Mania (PKM) Kabupaten Rohul Helfiskar mengatakan lomba Burung Berkicau akan menjadi agenda rutin. Direncanakan, tahun depan akan dilaksanakan tingkat nasional.

Diakuinya, Lomba Burung Berkicau skala besar baru digelar memperingati HUT Rohul tahun ini. Namun demikian, untuk tingkat di kecamatan sudah kerap dilaksanakan.

Ketua PKM Rohul Zulhendri mengatakan, di even selanjutnya, mereka berencana mengundang para penggila burung berkicau dari pulau Jawa, Sulawesi, Kalimantan dan Irian Jaya.

Untuk lomba tingkat nasional tahun depan agar lebih meriah, jelas Zulhendri, PKM Rohul akan mulai mempersiapkan tahun ini.

Menurut dia, adanya even itu, tentu akan membantu penghasilan pengusaha burung, perajin sangkar burung, dan penangkar burung. "Tentu ini berdampak terhadap meningkatnya ekonomi kreatif yang sedang digalakkan oleh pemerintah pusat," jelas Zulhendri. (Rtc/JRC)

Berita Terkait