NEWS UPDATE

Malala Yousafzai Sumbang Hadiah Menang Nobel Perdamaian ke Gaza

Tim JRC 31 Oktober 2014 | 14:28:11 | Dibaca : 1208 Kali Internasional
Keterangan Gambar : Aktivis remaja perempuan Malala Yusafzai (Foto: AFP)

Pemenang Nobel Perdamaian Malala Yousafzai menyumbangkan hadiah yang diterima, kepada sekolah Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) di Gaza.
London, Jrc-- Pemenang Nobel Perdamaian Malala Yousafzai menyumbangkan hadiah yang diterima, kepada sekolah Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) di Gaza.

Malala telah mendonasikan USD50 ribu atau sekira Rp604,2 juta (Rp12.085 per USD). Dana itu dialurkan ke Sekolah PBB, karena rusak berat akibat pertempuran terjadi antara Israel dan Hamas.

Menurut The United Nations Relief and Works Agency for Palestine Refugees in the Near East (UNRWA), menyumbangkan seluruh hadiah yang didapatkannya.

"Malala mengatakan, anak-anak di Palestina berhak untuk memperoleh pendidikan yang berkualitas. Tanpa pendidikan, tidak akan pernah ada perdamaian," tutur pihak UNRWA, seperti dikutip Belfast Telegraph, Jumat (31/10/2014).

Puluhan sekolah di Gaza yang dioperasikan oleh PBB, rusak berat atau hancur pada perang 50 hari. Israel berdalih, mereka menggunakan roket untuk merespons serangan roket Hamas dari wilayah sekolah UNRWA.

Malala memenangkan Nobel Perdamaian karena dianggap berupaya keras untuk menginginkan kesetaraan pendidikan antara perempuan dan laki-laki di Pakistan. Akibat kampanyenya ini, Malala ditembak oleh kelompok Taliban di bagian kepala dua tahun lalu. (Tim/Jrc)

Berita Terkait