Redaksi | Pedoman Media Siber | Disclamair | Kontak
Sandiaga Jamin Labuan Bajo Siap Sambut KTT ASEAN ke-42

www.detik.com
Rabu, 03 Mei 2023 11:24 WIB | dilihat: 1647 kali
Foto: Labuan Bajo akan menjadi tempat diselenggarakannya KTT ASEAN ke-42. Foto: (dok. BOPLBF)

Jakarta - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno memastikan Labuan Bajo siap menyambut KTT ASEAN ke-42 yang digelar pada 9-11 Mei 2023.

Kesiapan Labuan Bajo terukur berdasarkan akomodasi, transportasi, serta destinasi yang akan memfasilitasi para delegasi selama berlangsungnya pertemuan para pemimpin negara tingkat regional itu.

Untuk akomodasi, Sandiaga memaparkan sebanyak 38 hotel akan menampung para peserta KTT ASEAN. Hotel-hotel tersebut bervariasi, mulai dari bintang 3 hingga bintang 5 dengan kapasitas lebih dari 1.500 kamar.

"Selain itu ternyata juga banyak homestay, rumah kos, dan rumah sewa yang mulai banyak disewa terutama para wisatawan nusantara," ujarnya dalam jumpa pers di Gedung Sapta Pesona, Kemenparekraf, Jakarta pada Senin (3/5/2023).

Di samping itu, datang ke Labuan Bajo tak lengkap bila tak tinggal di kapal. Sandiaga juga menjelaskan bahwa kapal-kapal bakal dikerahkan untuk mendukung KTT ASEAN ini.

"Kapal-kapal juga dipersiapkan sebagai akomodasi alternatif live on board atau hotel apung. Tersedia 26 kapal dengan daya tampung 4.200 orang mulai dari kapal phinisi hingga kapal wisata lainnya," kata dia.

Kemudian, Sandiaga juga memastikan perut para tamu akan kenyang selama di Labuan Bajo. "Dua puluh restoran dan kafe yang direkomendasikan untuk destinasi kuliner di Labuan Bajo dan 40 UMKM parekraf lokal," katanya.

Sementara itu, perihal transportasi, Bandara Internasional Komodo di Labuan Bajo juga sudah ditingkatkan fasilitasnya untuk menerima kedatangan pesawat yang membawa para tamu.

"Bandara sudah siap menampung 7 parking stand, 4 pesawat narrow body dan 3 pesawat propeller dan terminal penumpang seluas 14.000 meter persegi dengan daya tampung 1,1 juta penumpang per tahun," ucapnya.

Bandara Komodo juga bakal disokong bandara-bandara di sekitarnya, seperti Bandara El Tari di Kupang, Bandara I Gusti Ngurah Rai di Bali, dan Bandara Sultan Hasanuddin di Makassar.

Lalu, Sandiaga juga melaporkan destinasi-destnasi wisata di Labuan Bajo sudah dipercantik untuk KTT ASEAN. Hal tersebut juga ditegaskan Direktur Utama Badan Otorita Pariwisata (BOP) Labuan Bajo Shana Fatina.

Shana menjelaskan, kini Labuan Bajo memiliki pedestrian premium di Jalan Soekarno-Hatta, Waterfront, promenade dan Puncak Waringin. "Rutenya sekitar 3,5-4 kilometer. Itu bisa menikmati kehangatan Kota Labuan Bajo," paparnya.

Shana juga mengatakan, selama gelaran KTT ASEAN berlangsung, masyarakat umum diizinkan untuk berwisata di Labuan Bajo. Hanya saja, akses yang diberikan terbatas.

"Kegiatan pariwisata tidak ditutup bahkan bisa tetap dilakukan, mungkin sedikit terbatas dan sudah diantisipasi teman-teman asosiasi industri maupun para tamu yang datang. Mereka kebanyakan sudah tahu akan ada ASEAN Summit. Mereka tidak berkeberatan kalau nanti sedikit agak repot untuk masuk ke pelabuhan," pungkasnya. (pin/pin)

Selanjutnya: Foto 2 Labuhan Bajo

Selanjutnya ❯

Halaman

12

Rekomendasi untuk Anda


Connect With Us





Copyright © 2013 PT. JELAJAH RIAU MEDIA
All right reserved